Cara Membuat Nomor Halaman Pada Dokumen Microsoft Office 2007 / 2010

Hal sepele dalam melakukan format dokumen word adalah memberikan nomor halaman pada dokumen. Anda pasti sudah bisa memberikan nomor halaman pada dokumen yang dibuat seperti pada makalah atau karya ilmiah. Namun, ketika kita sedang membuat satu dokumen dengan artikel yang cukup panjang dan mensyaratkannya terbagi dalam beberapa bagian, tentu kita akan kesulitan dalam memberikan nomor halaman. Sebab, nomor akan selalu mengikuti banyaknya lembar halaman sedangkan dokumen tersebut nantinya akan terbagi dalam beberapa bagian yang halamannya harus dimulai dari 1 untuk masing masing bagian.
Mereset Nomor Halaman Pada Dokumen yang Sama
Lantas bagaimana cara mereset nomor halaman pada dokumen yang sama tersebut? Cara yang paling mudah memang dengan membuat artikel tersebut secara terpisah, namun hal itu kurang efektif karena bisa saja dokumen/artikel menjadi terselip atau justru bisa jadi malah hilang. Nah, untuk menyiasatinya, kita harus melakukan pengaturan untuk mereset nomor halaman. Berikut ini langkah-langkahnya.
  1. Buka Microsoft Office 2007,2010, 2013 atau datasnya
  2. Buatlah artikel/dokumen dengan beberapa halaman di dalamnya (untuk latihan, Anda bisa meyalin artikel apa saja agar terlihat banyak)
  3. Sisipkan nomor halaman dengan cara klik menu Insert > Header and Footer > page number maka secara otomatis semua halaman akan terdapat nomor secara berurutan
  4. Pilih halaman yang akan dibagi dengan melakukan page break melalui menu insert � Page break. Halaman tersebut nantinya yang akan dijadikan sebagai awalan (halaman pertama) bagian kedua.
  5. Untuk mereset nomor halaman arahkan lagi cursors pada menu insert > Header and Footer. Lakukan format halaman seperti langkah sebelumnya.
  6. Kemudian lakukan format page number, ganti page numberingnya mulai dari 1 dan uncheck "continue from previous section".
  7. Selesai
Setelah langkah-langkah di atas dilakukan secara benar, maka kini Anda bisa membuat dokumen dengan berbagai bagian namun setiap halamannya dimulai dari nomor yang sama. Cara mereset nomor halaman pada dokumen yang sama ini memang sangat simple namun jarang ada yang mengetahuinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Dibuka di Android

Teori Sosiologi Tentang Teori Klasik, Teori Modern Dan Teori Post Modern

Kamus Bahasa Hokkien | Percakapan Sehari Hari Menggunakan Bahasa Hokkien